Khasiat Sinar Matahari Pagi Untuk Kesehatan Tulang

Bekerja atau pergi kuliah di perkantoran dalam gedung-gedung, ruang tertutup dan ber-AC atau berdiam diri di dalam kamar kos sambil bermain game online 24jam dengan jendela dan pintu tertutup dan ber-AC, membuat hampir tidak pernah terpapar dengan sinar matahari.

Bila seperti itu keadaan atau nasib yang harus Anda terima setiap hari, maka Anda harus waspada. Tidak pernah tersentuh sinar matahari tidak hanya membuat Anda akan terlihat seperti seorang albino, namun kesehatan Anda juga akan terancam.

Sinar matahari pagi ternyata mempunyai zat yang baik dan yang buruk bagi kulit kita. Pastinya sinar matahari yang baik dan dibutuhkan tubuh kita adalah sinar matahari antara pukul tujuh pagi sampai pukul sembilan pagi setelah itu sinar matahari dapat merusak tubuh kita. Sinar matahari ternyata mempunyai zat yang dapat menguntungkan dan merugikan tubuh kita.

Tentunya sinar matahari yang baik antara jam 7Sinar matahari baik yaitu diantara pukul 7 sampai 9 pagi. Jika kita menyadararinya dibawah kulit kita ini terdapat simpanan lemak yang mengandung kolestrol yang bisa hilang dengan terkena sinar matahari pagi (sinar ultra violet) yang mengandung vitamin D.

Vitamin D berfungsi untuk mengurangi kolesterol dalam darah, yang dijelaskan dengan penggunaan vitamin D yang akan menekan kolesterol yang terdapat dalam darah menuju ke kulit, sehingga kolesterol dalam darah berkurang. Mengurangi kadar gula darah, penjelasannya bahwa sinar matahari bersifat sebagai insulin yang memudahkan penyerapan glukosa ke dalam sel tubuh. Sinar matahari pagi sebagai pembunuh bakteri, jika dalam medis pengobatan yang menggunakan sinar ultraviolet buatan, sedang saat anda berjemur pada matahari langsung berarti anda akan mendapat manfaat pembunuh kuman yang jauh lebih alami. Ini merupakan nilai lebih. Selain itu, sinar matahari akan meningkatkan kebugaran dan kualitas pernafasan.


Sehingga berolah raga di pagi hari dengan ditambahnya mendapat sinar matahari pagi yang banyak sangat baik dan diperlukan oleh tubuh. Faktor lain yang membantu peningkatan kebugaran adalah meningkatnya aktifitas penyerapan glikogen pada hati dan otot. Bertambahnya vitamin D, juga akan memacu fungsi untuk menyerap kalsium lebih banyak sehingga akan membantu membentuk tulang dan memberikan kekuatan pada kepadatan tulang.


Berjemur selama 10 menit setiap hari akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh, terutama limfosit atau sel darah putih. Sehingga bisa mengurangi resiko terganggu flu dan masuk angin. Mulailah dari sekarang untuk meluangkan waktu sejenak, untuk berjemur di pagi hari sebelum memulai aktifitas.


Paparan sinar matahari yang baik adalah sinar matahari pagi hari, sebelum pukul 08.00. Pada jam tersebut, matahari akan memberikan sinar yang bermanfaat bagi tubuh. Pancarannya mampu mensintesis menjadi vitamin D, dan bermanfaat untuk kesehatan tulang dan pembentukan kalsium.

Akan tetapi, berjemur di atas pukul 09.00, sinar matahari justru berbahaya bagi kulit. Hal ini dikarenakan ketiga jenis sinar ultraviolet A, B, dan C yang terdapat dalam sinar matahari akan membahayakan kesehatan kulit.


Sinar matahari yang mengandung sinar ultraviolet (UV) A dan B dapat merusak membran sel sehingga mengakibatkan kulit merah dan terbakar, serta merusak sel-sel kulit. Akibatnya, mekanisme regenerasi sel-sel akan rusak.

Yang berbahaya adalah bila kulit terpapar sinar matahari cukup lama dan dalam intensitas yang cukup tinggi. jika kulit terlalu sering mendapat paparan sinar matahari dalam jumlah banyak, akan mempercepat proses premature skin aging (penuaan kulit dini). Di samping pengaruh faktor lain seperti polusi dan asap rokok.

Jadi, biasakan bangun pagi dan dapatkan manfaat sinar matahari pagi untuk kesehatan tulang anda. Untuk itu, marilah kita ketahui  beberapa manfaat sinar matahari bagi kesehatan tubuh Anda :

1. Mengandung vitamin D


Pada waktu berkas sinar ultraviolet disaring di kulit, sinar tersebut merubah simpanan kolesterol di kulit menjadi vitamin D. Menerima paparan sinar matahari selama 5 menit saja sama artinya dengan memberikan 400 unit vitamin D pada tubuh Anda.


2. Membentuk dan memperbaiki Tulang


Meningkatnya vitamin D dalam tubuh karena paparan sinar matahari dapat meningkatkan penyerapan kalsium di dalam tubuh Anda. Kondisi ini adalah solusi dalam pembentukan dan perbaikan tulang dan mencegah penyakit seperti rakhitis dan osteomalacia.


3. Penawar infeksi dan pembunuh bakteri


Sinar matahari mampu membunuh bakteri penyakit, virus, dan juga jamur. Pada perawatan TBC, erysipelas, keracunan darah, peritonisis, pneumonia, mumps, dan asma, terapi sinar matahari sangat dibutuhkan. Bahkan beberapa dari virus penyebar kanker dapat dibinasakan oleh sinar ultraviolet ini. Infeksi jamur, termasuk candida, juga bakteri di udara bereaksi dan dapat dibinasakan oleh sinar matahari.


4. Meningkatkan kebugaran pernafasan


Peningkatan kapasitas darah untuk membawa oksigen dan menyalurkannya ke jaringan-jaringan adalah salah satu kegunaan sinar matahari. Selain itu, sinar matahari juga mampu meningkatkan kebugaran pernafasan karena jumlah glikogen akan bertambah setelah berjemur di bawah terik matahari.


5. Kekebalan


Saat kulit terkena sinar matahari, terjadi penambahan sel darah putih, terutama limfosit, yang digunakan untuk menyerang penyakit. Secara tidak langsung antibodi-pun akan ikut meningkat. Kondisi ini akan bertahan hingga 3 minggu. Menurut penelitian, 10 menit di bawah matahari satu dua kali seminggu dapat mengurangi resiko terkena flu hingga 30-40%.


6. Meredam kolesterol darah


Ini merupakan kelanjutan proses di atas. Setelah kolesterol di bawah kulit dirubah menjadi vitamin D, otak dan tubuh kemudian memberikan sinyal kepada kolesterol yang ada dalam darah untuk keluar dari darah menuju ke kulit. Dari proses inilah kadar kolesterol dalam darah dapat dikontrol dengan baik.


7. Mengurangi gula darah


Sinar matahari adalah insulin alami yang memberikan kemudahan penyerapan glukosa masuk ke dalam sel-sel tubuh. Hal inilah yang merangsang tubuh untuk mengubah gula darah menjadi glycogen, yang kemudian disimpan di hati dan otot. Proses inilah sebagai turunnya kadar gula darah.


Begitu pentingnya matahari bagi Anda, mari jangan kita sia-siakan kebaikan Tuhan kepada kita yang telah memberikan sumber kehidupan bagi kita. Untuk itu cobalah untuk saat ini Anda harus terbiasa terkena sinar matahari setiap hari, karena demi kesehatan tubuh Anda. Semoga dapat bermanfaat bagi Anda.

2 komentar:

  1. Waw
    Mulai besok berjemur ah,,,,
    Biar gak terlalu gemuk

    BalasHapus
  2. Thanks ya buat info ny....

    GBU.

    BalasHapus